Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama para pimpinan partai politik melakukan sinkronisasi dan persetujuan rancangan daftar calon smentara (DCS) anggota DPRD Kabupaten Pati untuk Pemilu 2019. Sinkronisasi dan persetujuan tersebut berlangsung dalam rapat pleno di aula KPU Kabupaten Pati, Jumat siang kemarin (10/8/2018).  

Pasca penyampaian perbaikan administrasi persyaratan bakal calon legislatif (bacaleg), KPU mengundang para pimpinan parpol peserta Pemilu 2019, untuk mensinkronkan, sekaligus persetujuan Daftar Caleg Sementara (DPS).
Komisioner KPU Kabupaten Pati, Devisi Hukum Supriyanto SH, setelah mendapatkan hasil penelitian perbaikan persyaratan administrasi bacaleg selesai, selanjutnya KPU mulai menyusun dan menetapkan DPS, termasuk didalamnya persetujuan dari parpol. “Sehingga hasil penelitian dalam bentuk berita acara itu terdapat calon yang dinyatakan oleh KPU Kabupaten Pati tidak memenuhi syarat,  karena kekurangan kelengkapan dokumen dan sebagainya. Itu kemudian, di dalam rancangan daftar calon sementara tersebut, nomor urut dibawahnya itu menyesuaikan,” jelasnya.
Supriyanto SH menjelaskan, untuk mengantisipasi kekeliruan, kesalahan dan komplain dari parpol, KPU senantiasa melakukan cek dan recek serta segera memperbaiki atau revisi. Namun bila dari hasil pengecekan hasilnya sesuai, KPU akan menyatakan tetap pada keputusannya. “Maka kami memberikan kesempatan kepada parpol nanti bisa mengajukan gugatan ke Bawaslu. Nanti kita tunggu apakah proses keberatan tersebut, ditindaklanjuti Bawaslu melalui mediasi atau sidang ajudikasi atau tidak kita tunggu saja,” katanya.
Pada sinkronisasi dan persetujuan DCS itu, kata Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Hukum Supiryanto SH, parpol bisa kehilangan calegnya, bila di salah satu dapil parpol tersebut tidak dapat memenuhi kuota 30% perempuan.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla