Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menyatakan, 70 dari 643 bakal calon legislatif (Bacaleg) yang didaftarkan melalui parpolnya masing-masing, tidak memenuhi syarat.  KPU pun mencoret nama-nama bacaleg tersebut untuk tidak masuk dalam daftar calon sementara Pileg 2019.

Dari 643 orang yang didaftarkan melalui parpolnya masing-masing, kini tinggal 573 bakal calon legislatif (Bacaleg) yang memenuhi syarat daftar calon sementara (DCS). "Total memang ada 70 orang yang tidak memenuhi syarat (TMS)," kata Komisioner KPU Kabupaten Pati, Muhammad Nasich, saat diwawancara di ruang kerjanya, Sabtu siang (11/8/2018).
Namun parpol masih memiliki kesempatan, bagi 70 bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat memiliki keberatan terhadap keputusan KPU. Kata, Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich, para bacaleg menyampaikan permohonan ke Panwaslu Kabupaten Pati, melalui mekanisme mediasi. “Tapi kalau memang dalam mediasi tidak bisa, ada mekanisme ajudikasi. Sehingga putusannya jelas. Tapi, ketika mediasi antar KPU dengan parpol. Kalau nanti sudah ajudikasi. Ada sidang yang nanti diputuskan Panwas, yang nantinya jadi pegangan kita semua,” jelasnya.
Persyaratan yang tidak terpenuhi, bervariasi. Mulai tidak adanya legalisir ijazah, tidak melampirkan SKCK, maupun gagal atau tidak melampirkan hasil test kesehatan.
Pada Sabtu siang (11/8/2018), KPU Kabupaten Pati telah menetapkan daftar calon sementara (DCS) Pemilu 2019, yang akan diumumkan selama tiga hari ke depan, mulai Minggu (12/8/2018).(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla