• text untuk iklan
    judul 1
    Banner untuk iklan 1Read more
  • titel 2
    Banner yang ke 2
  • judul3
    ini adlah tempat iklan 3
  • Judul iklan ke 4
    Gambar mic

Trangkil - Kebakaran Pasar Desa Trangkil beberapa waktu lalu menyisakan kepedihan bagi pedagang, karena barang dan tempat jualannya ludes. Namun, dari sejumlah pedagang yang menjadi anggota KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah, sedikit lega, karena terbantu dengan dana Qardhul Hasan yang diserahkan di Pasar Trangkil, Jumat pagi (11/8). Dana Qordlul Hasan KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati, merupakan bantuan modal usaha yang diberikan kepada anggotanya yang kurang mampu untuk lepas dari rentenir, maupun yang terkena musibah dan bencana alam. Seperti pedagang Pasar Trangkil  yang menjadi korban kebakaran beberapa waktu lalu, juga menerima dana ini.

Pemberian bantuan modal usaha dana bergulir tanpa jasa, atau dana qardhul hasan KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati, membantu bagi anggotanya. Terutama untuk menebus order atau kulaan barang dagangan, serta untuk modal usaha. Seperti diungkapkan Lasi dan Yulia Alfa Fajrin warga Desa Trangkil, Sukarni warga Desa Trangkil, serta Siti Muayanah warga Desa Pesucen Kecamatan Trangkil, yang sehari-harinya berjualan di Pasar Desa Trangkil sebelum terbakar.
“Alhamdulillah dapat bantuan dari BMT Fastabiq, digunakan untuk memperbaiki kios saya yang terbakar. Saya bahagia ada yang membantu. Rencananya, untuk ambil order (kulaan) pakaian. 4 tahun jadi anggota, pelayanan baik, kalau mau nyimpan dijemput, mau ambil diantar. Awalnya ditawari, setelah mendapat bantuan usaha saya bersyukur. Saya dapat modal usaha untuk kulaan. Saya puas mendapat pelayanan, kalau ada kendala di kasih solusi,” ujar keempat pedagang korban kebakaran Pasar Desa Trangkil, yang kini menempati kios yang disewanya.
Usai menyerahkan bantuan paket sembako dan bantuan modal usaha Qordhul Hasan kepada pedagang Pasar Desa Trangkil,  Direktur Bisnis KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati, Sunaji mengungkapkan,  pemberdayaan anggota melalui qardhul hasan yang diberikan berkisar antara Rp.5juta hingga Rp.10juta, untuk tambah modal bagi anggota yang tertimpa musibah, agar bisa berjualan kembali.
“Disesuaikan dengan kebutuhan mereka dan memang kemampuan mereka juga. Mereka juga tidak keberatan. Sistem qardhul hasan ini adalah mengembalikan pokoknya saja. Dana ini sebetulnya bergulir, nanti setelah dana itu kembali  kita salurkan kembali kepada yang berhak,” terangnya.
Direktur Bisnis KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati, Sunaji menuturkan, selain menyerahkan bantuan dana qardhul hasan kepada empat pedagang Pasar Desa Trangkil yang menjadi korban kebakaran, pihaknya juga menyerahkan 25 paket sembako kepada 25 pedagang anggotanya,  serta dana Al Khoirot, yaitu penghapusan pembiayaan, bagi anggota pembiayaan yang barang daganganya terkena musibah kebakaran di Pasar Trangkil.(•)

Joomla templates by a4joomla