Cetak

Pati  -  Inspeksi Dadakan atau Sidak Komisi B DPRD dan Dinas Perdagangan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati menemukan makanan dalam kemasan kedaluarsa di sebuah toko modern. Temuan tersebut langsung ditindaklanjuti dengan memberikan peringatan kepada pengelola toko modern bersangkutan.

Menjelang lebaran, di sejumlah tempat penjualan, toko modern maupun swalayan dan super market sering ditemukan makanan dan minuman kemasan belum diturunkan oleh pengelolanya. Seperti halnya, temuan nuget kemasan oleh Komisi B DPRD  dan Disdagperin di salah satu toko modern berjejaring.
Ketua Komisi B DPRD Pati, Sutarto Oen Thersa mengatakan, untuk melindungi masyarakat dari makanan dan minuman kemasan tak layak konsumsi, pihaknya besama Disdagperin melakukan sidak ke beberapa tempat perbelanjaan, untuk memantau dan mengawasi ada tidaknya barang yang kedaluarsa (expired date).
“Yang paling parah Indomaret. di ADA dan di Santana Swalayan tidak ada temuan, di Indomaret kita menemukan makanan jenis naget yang sudah keliwat hampir satu minggu. Namun untuk yang lain-lainnya tidak ada temuan. Kita akan tetap menindaklanjuti masalah ini, terutama di pasar-pasar modern, dengan melibatkan dinas terkait. Baik dengan Disdagperin, atau Satpol PP, terkait hal-hal kedaluarsa ini.
Sementara Kabid Perdagangan pada Disdagperin Kabupaten Pati, Rekso Suhartono mengatakan, setiap menjelang lebaran  pihaknya bersama Komisi B DPRD Kabupaten Pati senantiasa rutin melaukan sidak  dan pengawasan terhadap barang yang teredar. Terutama terhadapan makanan dan minuman yang layak jual, karena kedaluarsa. Dan dari awal Disdagperind sudah mengundang pihak pengelola toko modern tersebut, untuk mengantisipasi temuan masih adanya barang dagangan kedaluarsa yang terpajang di etalase.
“Pertama sudah kita peringatkan. Apabila kedua kali masih kita temukan, masih juga kita peringatkan ulang. Dan ketika kalinya kita akan tindak-lanjuti dengan aturan yang berlaku,” katanya.
Barang-barang  yang perlu mendapat pencermatan masyarakat sebelum membeli, terutama Kebutuhan  pokok masyarakat (kepokmas). Meski harganya normal bahkan ada yang cenderung turun. Masyarakat juga diminta untuk masyarakat tetap memeriksa (check) terhadap tanggal kedaluarsa (expired date). Terutama buah-buahan, makanan, roti, dan minyak kita harus lebih teliti. (•)