• text untuk iklan
    judul 1
    Banner untuk iklan 1Read more
  • titel 2
    Banner yang ke 2
  • judul3
    ini adlah tempat iklan 3
  • Judul iklan ke 4
    Gambar mic

Pati, Kota – Ratusan nelayan di Kabupaten Pati, mendapat konventer kit dari Pemerintah Kabupaten Pati. Bantuan tersebut sebagai tindak lanjut program Kementerian ESDM dalam hal konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) kepada nelayan kecil.   
Total nelayan di Kabupaten Pati yang menerima konventer kit tersebut, 345 nelayan.  Konventer kit itu terdiri dari 1 mesin kapal beserta baling-balingnya, dan 2 tabung gas 3 Kg. Para nelayan penerima bantuan program konversi BBM ke BBG ini, nelayan kecil dengan kriteria perahu di bawah 5 GT.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati Edi Martanto menjelaskan, pihaknya awalnya mengusulkan 704 nelayan. Dari total itu, yang disetujui Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM hanya hampir separuhnya, 345 nelayan.
“Mereka yang mendapat bantuan ini nelayan yang menggunakan bensin. Makanya saya tanyakan, bagaimana dengan yang menggunakan solar, katanya mau dicarikan dulu konventer kit untuk solar. Dan yang kita berikan ini konventer kit yang bensin saja. Kedepan kita carikan konventer yang solar bisa menjadi BBG,” jelasnya.
Dengan penerapan program konversi BBM ke BBG, yang diluncurkan Pemerintah Pusat ini, kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pati Edi Martanto, diharapkan dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, dan mengurangi biaya produksi nelayan.
“Yang penting bantuan ini dipakai dengan sungguh-sunggu. Dan jangan dipindahtangankan (dijual) kepada orang lain. Karena ini betul-betul membantu mereka kan untuk mengurangi biaya produksi. Ini juga sebuah solusi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak,” kata Edi Martanto.
Konversi BBM ke BBG Kementerian ESDM dengan menugaskan PT Pertamina (Persero) untuk melaksanakan program penyediaan, pendistribusian dan pemasangan Paket Perdana LPG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil di berbagai daerah seluruh Indonesia sejak tahun 2016 lalu.(•)

Joomla templates by a4joomla