• text untuk iklan
    judul 1
    Banner untuk iklan 1Read more
  • titel 2
    Banner yang ke 2
  • judul3
    ini adlah tempat iklan 3
  • Judul iklan ke 4
    Gambar mic

Pati, Kota – Permasalahan Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) di Kabupaten Pati selama ini, karena belum adanya rumah singgah. Untuk itu, Dinas Sosial pada 2018 mendatang, mengusulkan pembangunan rumah singgah.
Rumah singgah kini menjadi kebutuhan untuk mengatasi PGOT di wilayah Kabupaten Pati. Rencananya, pada tahun anggaran 2018 mendatang, Dinas Sosial melalui Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial mengajukan pembangunan rumah singgah.

Kepala Dinas Sosial Sudarlan melalui Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Rinda Khumaerah kepada radio PAS Pati mengatakan, instansinya telah mengajukan tanah dan bangunan kepada Bupati Pati untuk rumah singgah di Jl Syech Jangkung turut Desa Plangitan Kecamatan Pati, yang dulunya rumah dinas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Jateng. Pengajuan
“ Memang permasalahan PGOT ini, Pemerintah Kabupaten Pati belum memiliki rumah singgah. Selain kepada DPU-TR pengajuan juga kami sampaikan ke DPPKAD terkait anggaran, dan DPUTR terkait dengan pembangunannya,” katanya.
Meski DPU TR yang melaksanakan pembangunan rumah singgah, kata Rinda Khumaerah, konsep dan denah bangunannya dari Dinas Sosial.  Karena konsep rumah singgah berbeda dengan rumah seperti biasanya.
“Karena disini harus ada ruangan dan kamar mandi  pengemis/gelandangan yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, serta ruang dan kamar mandi khusus untuk psikoitik. Dan satu ruang untuk assessment, ada ruang tamunya. Paling tidak dengan adanya rumah singgah itu, anak-anak terlantar atau orang yang dalam perjalanan terlantar bisa menginap,” katanya.
Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Pati Rinda Khumaera  berharap, anggaran untuk pembangunan  rumah singgah  terakomodir  di APBD 2018, dan terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama untuk mengatasi permasalahan PGOT, maupun penyandang disabilitas seperti pembangunan trotoar yang dilengkapi dengan fasilitas  disabilitas.(•)

Joomla templates by a4joomla