Pati, Margorejo – Para petani yang tergabung di Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Desa Jambean Kidul bersama prajurit TNI Kodim 0718/Pati memanen padi bersama. Panen itu dilakukan di lahan milik warga seluas 1 hektar.
Panen padi bersama Kelompok Tani dan prajurit TNI Kodim 0718/Pati itu berlangsung di Desa Jambean Kidul Kecamatan Margorejo, Kamis pagi (11/1). Turut serta panen bersama Dandim 0718/Pati diwakili Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Muchammad Sholihin SAg MSi.

Danramil Margorejo Kapt Inf Sriyanto mengatakan, gerakan panen raya padi di lahan-lahan petani di Desa Jambean Kidul dengan melibatkan kelompok tani itu, untuk mendukung swasembada pangan di Kabupaten Pati.
“Pada kesempatan panen padi hasilnya sangat bagus. Harapannya diikuti dengan harga gabah sesuai dengan yang diharapkan petani. Hasil pertanian merupakan sinergitas TNI, Polri dan Pemkab untuk meningkatkan hasil pertanian menuju ketahanan pangan di Indonesia,” katanya.
Sementara Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Muchammad Sholihin mengatakan, Desa Jambean Kidul Kecamatan Margorejo merupakan penyangga beras di Kabupaten Pati. Untuk itu keberadaan petani yang tergabung dalam kelompok tani & Gapoktan, harus bisa berdaya guna dalam pengolahan sawah, dalam upaya peningkatan produksi panen padi.
“Dengan panen yang melimpah diharapkan harga tidak anjlok sehingga kesejahteraan para petani dapat terwujud. Kehadiran kita merupakan wujud dari perwakilan instansi yang ada dan kita akan meningkatkan guna mewujudkan swasembada pangan di Indonesia. karena petani ini merupakan Pahlawan ekonomi sebab bila di indonesia masih mengimpor beras dari luar negeri ini sangat merugikan para petani oleh sebab itu Dinas pertanian menggandeng semua instansi untuk mempertahan kedaulatan pangan khususnya beras," tuturnya.
Gerakan panen padi di Desa Jambean Kidul dilakukan di sawah Nasrum seluas 1 ha, yang turut memantau hasilnya, para
Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Muchammad Sholihin berharap PPL, Babinsa dan Babinkamtibmas sebagai pendamping petani agar selalu berkoordinasi mulai saat penyemaian benih, tanam, perawatan, hingga masa panen.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla