• text untuk iklan
    Sukseskan Pilgub Jateng
  • titel 2
    Banner yang ke 2
  • judul3
    ini adlah tempat iklan 3
  • Judul iklan ke 4
    Gambar mic

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak nasional di wilayahnya, Sabtu (20/1). Saat coklit berlangsung KPU akan melibatkan ribuan Petugas Pemutakhiran Data Pemillih (PPDP).
Pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih tersebut, KPU Kabupaten Pati akan melibatkan 3665 personil. Termasuk diantaranya 2337 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Pemutakhiran Data Pemilih, Ahmad Jukari menjelaskan, untuk coklit serentak secara nasional, pihaknya menargetkan dalam sehari mendatangi 11.685 rumah.
“Jadi setidaknya paling sedikitnya ada 11.685 rumah yang akan didatangi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). KPU sendiri akan melakukan pendampingan selama berlangsung coklit ini oleh PPDP ditempat-tempat khusus, salah satunya di tokoh-tokoh publik yang menjadi perhatian khusus, termasuk pemilih disabilitas. Sehingga kita harapkan tidak ada lagi disabilitas yang terkendala lagi haknya, karena tidak terdaftar sebagai pemilih,” ujar Ahmad Jukari.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Pemutakhiran Data Pemilih berharap, masyarakat bisa menyampaikan informasi kependudukannya secara apa adanya kepada PPDP dan bisa mempersiapkan syarat yang harus didalam pendataan Pemilih. Salah satunya, KTP elektronik.
“Karena persyaratan bukti kewarganegaraan Indonesia harus dapat menunjukkan kepmilikan KTP elektronik atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pati,” katanya.
Regulasi terkait Pemilu mensyaratkan pemilih untuk memiliki KTP elektronik atau Kartu Keluarga. Hanya saja kata Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Pemutkhiran Data Pemilih, Ahmad Jukari, KPU memfasilitasi pemilih agar tidak kehilangan hak pilihnya dengan cara tetap mendata. Dari hasil itu, akan disampaikan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, untuk mendapatkan surat keterangan.(•)

Joomla templates by a4joomla