Pati, Juwana – Dalam beberapa pekan terakhir ini, harga ikan jenis tertentu, naik. Ini akibat pelelangan turun menyusul cuaca buruk yang terjadi belakangan ini.
Jenis ikan yang mengalami kenaikan harga di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) II Juwana diantaranya, ikan banjar, bentong, tengiri, kudul, bawal hitam dan kakap. Harga per Kg nya naik antara Rp.1000 hingga Rp. 2000.

Endah, seorang pedagang ikan di TPI Unit II Juwana mengaku, harga ikan banjar sekarang berkisar antara Rp 25ribu hingga Rp. 25ribu per Kg, menjadi Rp. 26ribu per Kg. Demikian halnya dengan harga ikan bentong dari Rp 23ribu menjadi Rp. 24ribu per Kg, yan semula Rp. 21ribu hingga Rp.22ribu per Kg.
“Sementara harga ikan tengiri mencapai Rp. 55ribu per Kg dari biasanya Rp.53ribu pr Kg. Kemudian ikan bawal hitam dari harga Rp.43ribu – Rp. 44ribu/Kg. Serta ikan kakap dari yang semula Rp.56ribu menjadi Rp.58ribu/Kg,” tutur pedagang ikan itu.
Endah mengaku, meski rerata harga ikan cenderung naik seiring cuaca buruk yang terjadi diperairan, namun untuk jenis ikan kudul dan alu-alu harganya masih stabil berkisar pada Rp.18ribu/Kg.
"Namun untuk ikan laut jenis kudul dan alu alu harganya standart, tidak mengalami kenaikan. Harganya standart 18 ribu rupiah perkilonya, "sambungnya.
Selain cuaca buruk, sepinya aktifitas bongkar ikan di TPI Unit II Juwana, karena nelayan baru selesai memprotes penolakan pelarangan penggunaan cantrang, juga berdampak terjadinya kenaikan harga ikan laut.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla